Jumat, 24 Mei 2013

Prinsip Serikat Pekerja

Nelson F. Saragih

Sebagai organisasi maka serikat pekerja pastilah mempunyai tujuan, pengurus dan anggota. Dalam menjalankan organisasi untuk mencapai tujuannnya akan banyak pandangan-pandangan dan pemikiran-pemikiran yang berbeda-beda baik yang berasal dari pengurus, anggota maupun pihak lain.  Untuk itulah serikat pekerja memerlukan prinsip-prinsip yang akan memandu semua insan organisasi dalam menjalankan organisasi.

Prinsip dapat diartikan sebagai dasar berpikir dan bertindak sehingga semua tindakan dalam organisasi tidak boleh bertentangan dengan prinsip itu.  Prinsip juga biasanya tidak mudah berubah oleh suatu kondisi dan waktu.

Berikut ini beberapa prinsip serikat pekerja.

1. Integritas
Integritas adalah kesamaan antara pikiran, perkataan dan tindakan.  Serikat pekerja yang berintegritas akan mendapat kepercayaan dari anggotanya.  

2. Solidaritas
Solidaritas adalah kesetiakawanan.  Prinsip ini mutlak diperlukan karena perjuangan buruh dicapai melalui kebersamaan antara pengurus dan anggotanya.  Tidak hanya itu solidaritas juga perlu ditunjukkan terhadap perjuangan serikat pekerja yang lain baik untuk skala nasional maupun internasional. Solidaritas tidak dapat terjadi tanpa integritas.

3. Sukarela.
Prinsip ini ditunjukkan ketika merekrut anggota baru atau mengajak anggota untuk melakukan suatu kegiatan.  Upaya yang dilakukan serikat pekerja tidak boleh dengan cara memaksa calon anggota untuk menjadi anggota atau memaksa anggota untuk mengikuti suatu kegiatan tetapi dengan cara mengajak dan menggerakkan sehingga mengikuti secara sukarela.  Dengan demikian perjuangan serikat pekerja akan mendapat dukungan sukarela dari anggotanya.

4. Independen
Independen artinya serikat pekerja terbebas dari kertikatan kepentingan organisasi tertentu baik itu organisasi pengusaha, politik, LSM dan lainnya.  Serikat Pekerja yang independen bebas untuk menentukan tujuannya dan mencapai tujuan itu berdasarkan keputusannya sendiri.

5. Demokratis
Sebagai kumpulan orang, maka serikat pekerja menggunakan prinsip demokratis dalam mengambil keputusan.  Untuk itu perlu dibuat mekanisme yang melibatkan suara anggota dalam pengambilan keputusan seperti melalui Kongres dan rapat-rapat.

6. Mandiri
Mandiri berarti serikat pekerja dapat menjalankan organisasi dengan menggunakan sumber daya dan kekuatan yang ada padanya, tidak ketergantungan kepada organisasi lain.  Untuk itu serikat pekerja perlu terus-menerus memperbaiki sistem dan besarnya iuran serta pengelolaan sumber daya agar dapat membiayai program-programnya. Hanya serikat pekerja yang mandiri yang dapat menjadi serikat pekerja yang independen.

7. Bertumbuh
Bertumbuh dimaksud adalah serikat pekerja harus terus berkembang baik dari jumlah anggotanya, pengetahuan, keterampilan, jaringan, pengaruh dan manfaat keberadaannya bagi anggota.  Perubahan terus terjadi untuk itu serikat pekerja perlu terus bertumbuh sehingga tetap sesuai dengan jamannya dalam memperjuangkan kebutuhan-kebutuhan anggotanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar