A. PENDAHULUAN
Perlindungan dan pemenuhan hak atas kesehatan dan keselematan kerja (K3) bagi pengusaha maupun bagi buruh dan organisasi buruh belum menjadi isu utama dalam perjuangan kesejahteraan buruh. Advokasi mengenai K3 tak terdengar gaugnya dibandingkan dengan advokasi pengupahan yang setiap tahunnya disuarakan oleh seluruh buruh di Indonesia.
Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PPK dan K3) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Muji Handaya mengatakan, jumlah kecelakaan kerja dari tahun ke tahun mengalami tren peningkatan. Untuk total jumlah kecelakaan kerja siap tahunnya mengalami peningkatan hingga 5%, sedangkan untuk kecelakaan kerja berat tren peningkatannya cukup lumayan besar yakni sekitar 5%-10% setiap tahunnya.[2]
Angka kecelakaan kerja di Indonesia masih tinggi. Mengutip data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, hingga akhir 2015 telah terjadi kecelakaan kerja sebanyak 105.182 kasus. Sementara itu, untuk kasus kecelakaan berat yang mengakibatkan kematian tercatat sebanyak 2.375 kasus dari total jumlah kecelakaan kerja.
Dengan melihat data di atas, menimbulkan pertanyaan besar bagi kita semua. Sejauh mana perlindungan K3 bagi buruh-buruh di Indonesia?. Telah sama-sama kita ketahui bahwa Indonesia telah mempunyai peraturan perundang-undangan mengenai perlindungan K3.
B. ASPEK HUKUM
Upaya pemenuhan dan perlindungan hak K3 yang dilakukan oleh Pemerintah dengan mengeluarkan berbagai peraturan perundang-undangan, antara lain 3 (tiga) undang-undang, 3 (tiga) Peraturan Pemerintah, 26 (dua puluh enam) Peraturan Menteri Tenaga Kerja, 11 (sebelas) Keputusan Menteri Tenaga Kerja, 1 (satu) Instruksi Menteri Tenaga Kerja dan 3 (tiga) Surat Edaran dan Keputusan Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan.
Berikut daftar sejumah peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perlindungan K3:
Undang-Undang K3
|
|
Peraturan Pemerintah terkait K3
|
|
Peraturan Menteri terkait K3
|
|
Keputusan Menteri terkait K3
|
|
Instruksi Menteri terkait K3
|
|
Surat Edaran dan Keputusan Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan terkait K3
|
|
C. TEMUAN DAN ANALISA MASALAH
Peningkatan korban K3 setiap tahunnya terbilang massif. Data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, hingga akhir 2015 telah terjadi kecelakaan kerja sebanyak 105.182 kasus. Sementara itu, untuk kasus kecelakaan berat yang mengakibatkan kematian tercatat sebanyak 2.375 kasus dari total jumlah kecelakaan kerja.
Di Indonesia, terdapat kasus kecelakaan yang setiap harinya dialami para buruh. Dari setiap 100 ribu tenaga kerja yang mengalami kecelakaan, 31,9% di antaranya terjadi di sektor konstruksi. Sektor pekerjaan yang juga menyumbang angka kecelakaan kerja tertinggi selanjunya adalah sektor manufaktur, 31,6%. Menyusul angka tersebut adalah kecelakaan sektor transportasi sebesar 9,1%. Padahal Jumlah tenaga kerja yang diserap dari sektor ini terus bertambah.
Berikut temuan berbagai masalah yang terjadi mengenai pelanggaran atas K3, antara lain:
1. Sistem Kerja Outsourcing Bencana K3
Pelanggaran lainnya dalam hal penerapan sistem OS ini berupa tidak adanya perlindungan terhadap perhitungan dan kelangsungan hak di ppjp (vendor). Soal eksploitasi jam kerja pun ditemui. Meski hari libur nasional, para pekerja OS ini tetap bekerja normal dan tanpa dibayarkan uang lemburnya. Para pekerja OS juga tidak diberikan hak cuti, serta bekerja tanpa didukung oleh peralatan K3.
Khusus untuk K3 ini, resiko “kematian” dalam menjalankan tugas kerap terjadi. Baru-baru ini, pekerja os pln bekasi bernama Heri Irwansyah wafat ketika bertugas karena tidak adanya peralatan keselamatan kerja yang disediakan oleh perusahaan, ironisnya lagi tidak adanya pihak yang mau bertanggung jawab atas tragedi itu.
2. P2K3: Minim Keterlibatan Buruh
Berdasarkan Pasal 2 Kepmen No. 155/1984 jo. Pasal 4 Permenaker No. 4/1987, fungsi Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) adalah:
a. sebagai suatu badan pembantu di tempat kerja ialah memberikan saran-saran dan pertimbangan, baik diminta maupun tidak, kepada pengusaha/pengurus tempat kerja yang bersangkutan mengenai masalah-masalah keselamatan dan kesehatan kerja;
b. menghimpun dan mengolah segala data dan/atau permasalahan keselamatan dan kesehatan kerja yang bersangkutan, serta membantu pengusaha/pengurus tempat kerja mengadakan serta meningkatkan penyuluhan, pengawasan, latihan, dan penelitian keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja yang bersangkutan.
c. Untuk mengembangkan sostem pengendalian bahaya K3, untuk mengevaluasi penyebab timbulnya kecelakaan kerja dan/atau penyakit akibat kerja dan kemudian mengambil langkah-langkah yang diperlukan.
Secara kuantitas dan eksistensi P2K3 relatif mengembirakan, namun ternyata tidak semua P2K3 di perusahaan-perusahaan aktif menjalankan fungsinya. P2K3 hanya struktur mati belaka, padahal daftar keanggotaan dan struktur P2K3 memang tercatat dalam struktur perusahaan bahkan sudah dicatatkan pada Dinas Tenaga Kerja setempat.
Kebanyakan P2K3 yang ada tidak bergerak secara proaktif untuk mengusulkan ataupun memastikan adanya mekanisme perlindungan yang efektif di tempat kerja. Rata-rata P2K3 bertindak passif menunggu perintah atau membatasi diri hanya untuk merespon masalah saja.
Lebih lanjut, terdapat dua permasalahan pokok dalam P2K3, yaitu kurangnya partisipasi serikat buruh dalam keanggotaan P2K3 dan pimpinan tertinggi di struktur P2K3 dipegang oleh pemimpin tertinggi perusahaan.
3. SMK3 Diacuhkan
Sistem manajemen K3 adalah seperagkat aturan-aturan teknis yang ditetapkan oleh perusahaan berkaitan dengan upaya perlindungan K3. Namun, faktanya hanya sedikit perusahaan yang menerapkan SMK3.
Perusahaan-perusahaan lebih memilih standar sertifikasi OHSAS 18001 sebagai pengganti SMK3. Hal ini tak lain didasari oleh tuntutan dan prasyarat yang diajukan buyer yang mengharuskan standar setifikasi tersebut dibandingkan SMK3. Jika dibandingkan diantara SMK3 dan OHSAS 18001 tidaklah jauh berbeda fungsi dan tujuannya. Bahkan SMK3 merupakan salah satu perlindungan K3 paling komprehensif di Asia.
4. Kurangnya Pengawas K3 di Disnaker Setempat
1) Fungsi sistem pengawasan ketenagakerjaan adalah:[3]
a. menjamin penegakan ketentuan hukum mengenai kondisi kerja dan perlindungan pekerja saat melaksanakan pekerjaannya, seperti ketentuan yang berkaitan dengan jam kerja, pengupahan, keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan, penggunaan pekerja anak dan orang muda serta masalah-masalah lain yang terkait, sepanjang ketentuan tersebut dapat ditegakkan oleh pengawas ketenagakerjaan;
b. memberikan keterangan teknis dan nasehat kepada pengusaha dan pekerja mengenai cara yang paling efektif untuk menaati ketentuan hukum;
c. memberitahukan kepada pihak yang berwenang mengenai terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan yang secara khusus tidak diatur dalam ketentuan hukum yang berlaku.
2) Tugas lain yang dapat menjadi tanggung jawab pengawas ketenagakerjaan tidak boleh menghalangi pelaksanaan tugas pokok pengawas atau mengurangi kewenangannya dan ketidakberpihakannya yang diperlukan bagi pengawas dalam berhubungan dengan pengusaha dan pekerja.
Namun ironisnya pegawai pengawas K3 diseluruh Indonesia tidak berbanding lurus dengan banyaknya perusahaan. Satu pengawas K3 mempunyai tugas untuk mengawasi ratusan dalam satu wilayah yang dirasa mustahil. Oleh karenanya beberapa Disnakertrans setempat hanya memprioritaskan pengawasan K3 bagi perusahaan-perusahaan dengan resiko kecelakaan kerja yang tinggi dan fatal.
Akibat dari minimnya pengawasan yang dilakukan oleh pejabat pengawas K3, seringkali kasus-kasus K3 tidak pernah tertangani secara serius. Jumlah kasus kecelakaan kerja tahun 2015, yang sudah masuk dalam ranah penyelidikan dan dinyatakan sudah Lengkap (P-21) jumlahnya mencapai 81 perusahaan. Kontras sekali dengan jumlah kecelakaan kerja yang terjadi pada tahun 2015 yang jumlahnya mencapai 105.182 kasus. Terlebih lagi sanksi bagi pengusaha yang melakukan pelanggaran atas K3 tidak berat yaitu Dipidana atas pelanggaran peraturannya dengan hukuman kurungan max. 3 bulan atau denda max. 100.000,- (Seratus ribu rupiah) sebagaimana diatur dalam pasal 15 ayat 2 UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.
D. LANGKAH ADVOKASI KE DEPAN
1. Membuat Analisa Awal
Analisa awal ini dibuat ketika mendapatkan laporan atau informasi mengenai kasus K3 di masing-masing basis atau tingkatan perusahaan. Diperlukan sebagai untuk membuat perencanaan, modal sebelum menentukan penelusuran lebih lanjut ataupun memutuskan mengambil suatu kasus atau tidak.
2. Bentuk Lingkar Inti
Lingkar inti: orang-orang yang memiliki kesamaan visi dan tidak diragukan integritasnya, di mana suatu tim kerja yang siap bekerja purna waktu dan solid. Mereka yang nantinya akan memegang kendali selama advokasi tersebut dijalankan.
Lingkaran inti dalam advokasi ini antara lain, jejaring serikat buruh, federasi bahkan konfederasi baik ditingkatan kawasan, daerah maupun nasional, jejaring lawyer, organisasi non pemerintah (Ornop), Lembaga Bantuan Hukum, tokoh masyarakat, dll.
Dalam lingkar inti dilakukan pembagian peran dan tugas (koordinator, motivator/propagandis, analis, pencari data, penyusun taktik strategi, pemantau keseluruhan proses dll). Dalam proses pembentukan lingkar inti, sangat penting untuk kuatkan korban. Korban harus ditransformasikan menjadi pembela hak.
3. Kumpulkan Data dan Informasi
Setelah mendapatkan informasi awal adanya suatu pelanggaran K3 di basis atau tingkatan perusahaan, maka informasi atau data tersebut haruslah ditelusuri atau dikumpulkan.
Informasi atau data terdiri dari: kronologi peristiwa, bentuk pelanggaran, kerugian korban, jumlah korban, pelaku, pihak terkait lainnya, dan tindakan negara/pemerintah. Prinsip 5W1H (What, Who, When, Where, Why, dan How) dapat digunakan.
4. Analisis data
Analisis data terdiri dari:
· Menentukan akar masalah
· Melihat analisa hukum dan sosial
· Tujuan
· Sasaran
· Pemetaan aktor
Menganalisa siapa aktor yang pro, kontra, dan netral dalam kasus yang ditangani..
· Analisa SWOT:
- Strength: Kekuatan yang dimiliki.
- Weakness: Kelemahan yang dimiliki.
- Opportunity: peluang apa saja yang terbuka
- Threat: Ancaman apa saja yang dihadapi
Catatan: Kekuatan dan kelemahan sifatnya internal. Sedangkan peluang dan ancaman sifatnya eksternal.
Analisis data ini dapat berupa pendapat hukum atau legal opinion untuk kebutuhan internal ataupun dipergunakan untuk kebutuhan eksternal antara lain, bahan untuk berargumentasi ketika mengahadapi lawan atau aparat penegak hukum, kebutuhan koresprodensi, menghadap ke berbagai lembaga-lembaga negara (misal: Komnas HAM) dan lain sebagainya.
5. Merancang Sasaran dan Strategi
Dalam merancang sasaran dan strategi dapat menggunakan tolak ukur SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timely). Tepat sasaran, dapat diukur (ada indicator yang jelas bisa dipantau dan diketahui), dapat dicapai, realistis (aliansi advokasi ini mempunyai kemampuan dan sumberdaya), dan memiliki batasan waktu.
6. Membangun Jejaring
Jejaring kerja sama antara lain NGO lokal – nasional – internasional, Lawfirm, media, pemerintah, DPR, sesama korban, tokoh, dan ormas. Jejaring ini dilakukan dengan harapan meringankan beban kerja, meningkatkan solidaritas, dan menguatkan daya tawar. Contoh kerja sama dalam jejaring kerja antara lain membagi tugas dalam riset, kampanye, dll.
7. Pengorganisiran dan Pelibatan Masyarakat
Dalam advokasi kebijakan diperlukan upaya perluasan gerakan dan informasi kepada public, di mana opini public yang terbangun menjadi sangat massif dan menjadi perhatian khusus dari masyarakat, pemerintah maupun penegak hukum.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan untuk membangun opini public tersebut, seperti: memperluaskan gerakan ke beberapa kawasan industry, ke daerah-daerah, membuat posko pengaduan pelanggaran pidana perburuhan baik di daerah maupun pusat, diskusi public yang bertemakan perlindungan dan advokasi K3 dengan mengundang berbagai stakeholder, melakukan pendidikan K3 di basis-basis dan lain sebagainya.
Inti dari pengorganisiran buruh dalam advokasi kebijakan ini adalah pendidikan yang partisipatif untuk mengugah kesadaran buruh untuk menegakkan hukum perlindungan K3 dan advokasi sejumlah masalah K3 di lingkungan kerja mereka.
8. Pengumpulan Dana
Advokasi membutuhkan modal yang cukup besar. Sumber: Iuran rutin masing-masing anggota aliansi, sponsor, donatur, membuat unit usaha, dan lain sebagainya.
9. Memilih Langkah Advokasi
· Litigasi.
Sejumlah kasus-kasus yang telah terhimpun nantinya akan dilaporkan ke Kepolisian di tingkatan Provinsi dan prosesnya harus dikawal hingga laporan tersebut diproses hingga akhirnya dapat disidangkan di Pengadilan Negeri setempat.
· Non litigasi.
Menggunakan mekanisme diluar saluran hukum formal yang tersedia antara lain: Korespondensi/surat menyurat, musyawarah, petisi, unjuk rasa, konferensi pers, audiensi dengan pihak lembaga negara, kampanye nasional maupun internasional dan lain sebagainya
· Mekanisme Internasional.
Yaitu menggunakan saluran internasional untuk melaporkan permasalahan yang sedang didampingi. Misalnya melaporkan kasus-kasus tersebut ke PBB dll.
10. Evaluasi dan Rencana Tindak Lanjut
Advokasi merupakan proses yang tidak singkat sehingga diperlukan evaluasi terus menerus dan rencana tindak lanjut yang sesuai hasil evaluasi dan tepat sasaran. Setiap rencana dan pelaksanaannya selalu ada positif dan negatifnya nya.
Tahapan dan strategi di atas tentunya tidak bersifat mutlak, tergantung dari situasi dan kondisi kasus yang dihadapi. Kejelian dari Aliansi dalam memetakan situasi ekonomi politik itu menjadi keharusan. Misalkan saja hambatan yang sering terjadi dalam advokasi kebijakan adalah pejabat-pejabat di berbagai lembaga telah berganti orang, contoh: pergantian Menteri Ketenagakerjaan dan KAPOLRI.
[1] Makalah ini disampaikan oleh Wirdan Fauzi, S.H dalam FGD yang diselenggarakan oleh SERBUK Indonesia pada 06 Desember 2016 di LBH Jakarta.
[2] http://nasional.kontan.co.id/news/jumlah-kecelakaan-kerja-di-indonesia-masih-tinggi , diihat pada 5 Desember 2016.
[3] Pasal 2 Konvensi ILO Nomor 81 tentang Pengawasan Ketenagakerjaan Dalam Industri Dan Perdagangan yang telah diratifikasi oleh Indonesia melalui UU Nomor 21 Tahun 2003.
Sumber:http://wirdanfauzi.blogspot.co.id/2017_02_01_archive.html
Dear : Custumer Import & Domestics
BalasHapusKami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id