Senin, 20 Mei 2013

Media Kampanye Online Sebagai Alat Perjuangan Serikat Pekerja


Serikat Pekerja dalam memperjuangkan hak-hak anggota memerlukan media komunikasi agar aktivitasnya diketahui dan mendapat dukungan dari orang dan lembaga lain. Dukungan ini sangat diperlukan karena perjuangan serikat pekerja akan efektif bila mendapat dukungan solidaritas dari orang banyak.

Saat ini banyak media online yang dapat digunakan oleh serikat pekerja untuk kampanye dan sekaligus sebagai alat advokasi. Berikut ini diantaranya.

Labour Start
Labour Start adalah media online untuk berita dan kampanye perburuhan.  Labour Start menggunakan berbagai bahasa di dunia termasuk bahasa Indonesia.  Salah satu kelebihan Labour Start adalah tersedianya alat yang dapat digunakan oleh serikat pekerja diseluruh dunia untuk mengkampanyekan kegiatannya dan untuk menggalang dukungan solidaritas dari seluruh dunia. Labour Start juga menerima koresponden dari seluruh dunia yang berasal dari aktivis buruh dan bekerja untuk Labour Start secara sukarela.   Website: www.labourstart.org

Change.org
Change.org menyediakan sarana untuk kampanye perubahan sosial yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja.  Change.org menyediakan sarana dimana setiap orang dapat membuat petisi dan menggalang dukungan dari seluruh dunia.  Serikat Pekerja sudah banyak yang menggunakan media ini sebagai sarana untuk kampanye dan advokasi. Website:www.change.org

Semua fasilitas yang ada pada Labour Start dan Change.org adalah gratis dan mudah digunakan oleh orang awam.
Ada baiknya Serikat Pekerja mempelajari media ini dan menggunakannya sebagai salah satu sarana untuk memperjuangkan hak-hak anggotanya melalui pendekatan kampanye.

Nelson F. Saragih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar